in

Ekonomi ECB : Ekonomi Zona Euro Hadapi Risiko Proteksionisme

European Central Bank.

Businesstoday.id, Bucharest – Risiko-risiko seputar prospek pertumbuhan kawasan euro masih tetap seimbang secara luas, sementara risiko-risiko yang terkait dengan faktor global, termasuk ancaman meningkatnya proteksionisme, telah menjadi lebih menonjol, kepala ekonom Bank Sentral Eropa (ECB) Peter Praet mengatakan pada Selasa (3/7/2018).

Praet, yang juga anggota Dewan Eksekutif ECB, membuat pernyataannya dalam sebuah ceramah yang diadakan di National Bank of Romania.

Pertumbuhan zona euro tetap kuat dan ritme pertumbuhan diperkirakan akan terus berlanjut untuk tahun-tahun mendatang, meskipun terjadi pelambatan pada akhir tahun lalu dan pada awal 2018, katanya.

Moderasi indikator-indikator siklus bisnis baru-baru ini merupakan cerminan dari kinerja yang sangat kuat tahun lalu, katanya.

“Pada akhir tahun 2017 dan di awal tahun 2018 kami juga melihat bahwa permintaan untuk produk Eropa lebih lemah, tetapi saya tidak terkejut dengan pertumbuhan moderat ini, seperti yang diharapkan dan tidak mengkhawatirkan,” kata Praet.

Iklim usaha akan menguntungkan untuk investasi, karena kondisi-kondisi pembiayaan menguntungkan dan pasar tenaga kerja menguat, pendapatan stabil dan pertumbuhan laba diperkirakan akan terus mendukung konsumsi dan investasi swasta, tambah Praet.

Menurut dia, sulit untuk mengantisipasi keadaan iklim usaha dalam tiga atau empat tahun ke depan, dan masih terlalu dini untuk mengatakan apakah perang perdagangan akan mempengaruhi iklim usaha.

Namun, interpretasi pasar adalah bahwa risiko-risiko adalah tinggi, katanya. “Interpretasi seperti yang Anda lihat di pasar saham hari ini mengatakan bahwa mungkin adalah sesuatu yang lebih jahat, lebih mendasar dan bisnis-bisnis mulai khawatir tentang fakta bahwa perang dagang akan mempengaruhi ekonomi.” (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *