in

Dukung Tol Laut, IPC akan Kelola Lima Pelabuhan Kecil

Direktur Utama (Dirut) IPC, Elvyn G Masassya.

Businesstoday.id, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC dalam waktu dekat akan mengelola lima pelabuhan kecil atau UPT yang saat ini dimiliki oleh Kementerian Perhubungan.

“Sedang dalam tahap proses yakni lima UPT lagi untuk akan kita kelola,” ujar Direktur Utama (Dirut) IPC Elvyn G Masassya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Dirut IPC tersebut menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sudah mengelola satu UPT yakni Pelabuhan Sintete, pelabuhan perintis kelas V, yang berlokasi di Kalimantan Barat.

Pengelolaan pelabuhan kecil tersebut merupakan salah satu kontribusi IPC untuk menyukseskan pengembangan program tol laut yang dicanangkan pemerintah.

“Kita juga ikut serta mengelola pelabuhan-pelabuhan kecil yang saat ini dimiliki oleh Kementerian Perhubungan. Jadi beberapa pelabuhan kecil, seperti di Natuna dan Indonesia timur, kita akan turut bantu mengelola guna memperlancar program tol laut,” kata Elvyn.

Dirut IPC itu juga menambahkan bahwa kontribusi lainnya untuk menyukseskan program tol laut adalah dengan menyiapkan pelabuhan-pelabuhan, serta tempat sandar kapal tol laut guna meningkatkan konektivitas.

Sebelumnya dalam “Sharing Session” bersama media, Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Masassya memaparkan bahwa Pelindo II menargetkan untuk menjadi operator terminal pelabuhan kelas dunia pada 2020 nanti.

Selain itu pihaknya juga berencana untuk menjalankan salah satu programnya yakni implementasi “green port” dan “smart port” pada 2020. (aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *