in

DPR Apresiasi Pemerintah Jaga Stabilitas Pangan Lebaran

komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo.

Businesstoday.id, Jakarta – Komisi IV DPR RI mengapresiasi pemerintah seperti kinerja Kementerian Pertanian yang dinilai dapat mengoordinasikan agar stabilitas harga dan ketersediaan pangan dapat terjaga pada masa bulan puasa dan lebaran tahun 2018.

“Di hari raya Idul Fitri tahun ini baik menjelang maupun pascalebaran, stok bahan pangan relatif terkendali dibanding tahun-tahun sebelumnya. UNtuk itu kami mengapresiasi,” kata Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Menurut politisi Gerindra itu, meski masih ada kekurangan tetapi hasil dari kestabilan bahan pangan pada periode tersebut layak mendapatkan apresiasi dan DPR selalu mendukung sepanjang untuk kepentingan masyarakat luas.

Ia mengingatkan agar petani jangan sampai terus diganggu dengan aturan yang dapat menghambat inovasi mereka dalam mengembangkan varietas tanaman di berbagai wilayah Nusantara.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan laju inflasi pada Lebaran 2018 merupakan yang terendah dibandingkan periode sama sejak 2012.

“(Inflasi Lebaran yang rendah) ini merupakan angka menggembirakan. Kami apresiasi kerja keras pemerintah dan BI untuk mengendalikan harga dengan kebijakan,” katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Suhariyanto mengatakan inflasi periode Lebaran pada Juni 2018 tercatat sebesar 0,59 persen atau lebih rendah dari periode Juli 2016 dan Juni 2017 masing-masing sebesar 0,69 persen.

Posisi ini juga jauh lebih baik dari periode Agustus 2012 sebesar 0,95 persen, Agustus 2013 sebesar 1,12 persen serta Juli 2014 dan Juli 2015 masing-masing sebesar 0,93 persen.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan stabilitas harga pangan telah memberikan kepastian terhadap pengendalian laju inflasi yang pada Mei 2018 tercatat sebesar 0,21 persen.

“Stabilitas harga pangan dan pasokan bisa memberikan tingkat kepastian,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Sri Mulyani mengatakan laju inflasi pada Mei tersebut atau pada awal periode Ramadhan ini relatif rendah dibandingkan pencapaian sebelumnya.

Untuk itu, Menkeu menyambut baik hasil koordinasi antara pemerintah dan Bank Indonesia yang selama ini telah menjaga inflasi tetap rendah guna menjaga daya beli masyarakat. (mrr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *