in

Dihadiri Banyak Pembeli Asing, Transaksi TEI 2018 Ditargetkan 1,5 Miliar Dolar

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Arlinda.

Businesstoday.id, Tangerang – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan nilai transaksi pameran ekspor terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mencapai 1,5 miliar dolar AS selama pelaksanaan pada 24-28 Oktober 2018.

“Kami melihat tahun lalu itu sukses dengan nilai transaksi 1,4 miliar dolar AS, lebih besar dari target 1,1 miliar dolar AS. Tahun ini kami targetkan 1,5 miliar dolar AS,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arlinda, di Tangerang, Banten, Rabu (19/9/2018).

TEI ke-33 ini mengusung tema “Creating Products for Global Opportunities” yang digelar untuk meningkatkan citra dan bangga masyarakat Indonesia akan produk dan jasa dalam negeri.

Pameran yang akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, ini menargetkan 1.100 peserta dengan 28.000 pengunjung dari dalam dan luar negeri.

‚ÄúSampai hari ini yang sudah konfirmasi kehadiran itu 2.245, yang melalui online 1.700 dan sisanya perwakilan dari 60 negara,” ujar Arlinda.

Adapun buyers yang sudah konfirmasi untuk hadir yakni berasal dari berbagai negara, di antaranya Afrika, Al-Jazair, Eni Emirat Arab, China, India , Jepang, Suriname dan Amerika Serikat.

Arlinda menambahkan, terdapat beberapa perbedaan antara TEI tahun ini dengan penyelenggaraan pada 2017, salah satunya adalah anjungan kuliner yang sebelumnya hanya ada di hall 1, maka tahun ini akan tersedia di hall 1 dan 10.

“Ini supaya pengunjung yang sudah berkeliling dari hall 1 ke hall 10 bisa langsung menikmati kuliner di hall 10 saja, jadi tidak perlu kembali lagi ke hall 1,” tutur Arlinda.

Selain itu, Arlinda menyampaikan bahwa pihak penyelenggara akan mengupayakan agar terdapat produk unggulan yang dapat disaksikan di setiap hall.

TEI 2018 juga akan menghadirkan serangkaian kegiatan seperti Trade Tourism and Investment (TTI) Forum, business matching, diskusi regional, Export Start-Up Competition, serta misi dagang lokal dan mancanegara.

Arlinda menambahkan, pameran tersebut rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. (spg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *