in

Bupati Bangka Tengah Minta Seluruh Sekolah Punya Lahan Jagung

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh menghadiri panen perdana jagung pipil di lahan milik SMP 3 Simpangkatis seluas 1 hektare, Kamis (4/4/2019).

Businesstoday.id, Koba – Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta seluruh sekolah di daerah itu menyediakan ruang untuk areal tanaman jagung pipil.

“Setiap sekolah hendaknya menyediakan ruang atau areal untuk tanaman jagung pipil sebagai media pembelajaran bagi para pelajar di daerah ini,” katanya di Koba, Kamis (4/4/2019).

Ia memberikan apresiasi kepada pihak SMPN 3 Simpangkatis yang menyediakan areal seluas satu hektare khusus untuk tanaman komoditas jagung pipil.

“Hari ini mereka sudah panen dan ini menjadi areal pertanian di lingkungan sekolah yang akan menjadi percontohan untuk melecut semangat bagi lembaga pendidikan lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, penyediaan lahan tanaman jagung di lingkungan lembaga pendidikan sebagai bentuk dukungan dan partisipasi lembaga pendidikan terhadap sektor pertanian di daerah itu.

“Selain itu, pemanfaatan lingkungan sekolah untuk areal perkebunan jagung sebagai wujud optimalisasi pemanfaatan lahan tidur menjadi produktif, juga sebagai media pembelajaran,” ujarnya.

Ia mengatakan, panen perdana jagung pipil di areal milik SMP 3 Simpangkatis ini setidaknya langkah awal untuk memacu semangat masyarakat dalam mengembangkan komoditas tersebut.

“Tidak hanya lembaga pendidikan, para petani yang tergabung dalam kelompok juga terus kami dorong untuk membudidayakan jagung pipil dalam rangka meningkatkan produksi komoditas tersebut,” ujarnya. (ahm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *