in

BUMN Pamerkan Balkondes di Paviliun Indonesia

Area pameran Balai Ekonomi Desa atau Balkondes di Paviliun Indonesia, Nusa Dua pada Rabu (10/10/2018).

Businesstoday.id, Nusa Dua, Bali – Balai Ekonomi Desa atau Balkondes yang merupakan program bantuan tanggung jawab perusahaan (CSR) sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dipamerkan di Paviliun Indonesia, Nusa Dua, Bali selama perhelatan pertemuan tahunan IMF-WB pada 8-4 Oktober 2018.

“Balkondes adalah semacam balai untuk memusatkan kegiatan masyarakat utamanya yang berkenaan dengan ekonomi pariwisata yang fungsinya memperlama kunjungan wisatawan di suatu objek wisata sehingga bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitar,” kata Gumilang Adhi, Duta BUMN di Paviliun Indonesia, area Hotel Westin pada Rabu (10/10/2018).

BACA JUGA : Menkeu Tekankan Indonesia Peroleh Manfaat Positif dari Pertemuan IMF-WB

“Ada 20 Balkondes yang dibangun oleh BUMN di 20 desa di Kecamatan Borobudur. Sebenarnya Balkondes itu akan ada di Joglosemar; Yogyakarta, Solo, Semarang, tapi ini baru ada di Yogyakarta,” kata Gumilang.

Ke-20 Balkondes itu adalah Balkondes Bigaran (dibangun oleh Taman Wisata Candi), Balkondes Borobudur (Taman Wisata Candi), Balkondes Bumiharjo (Pembangunan Perumahan), Balkondes Candirejo (Semen Indonesia), Balkondes Giripurno (Taman Wisata Candi), Balkondes Giritengah (Jasaraharja).

Lalu, Balkondes Kembanglimus (Patrajasa), Balkondes Karanganyar (Bank BTN), Balkondes Karangrejo (PGN), Balkondes Kebonsari (Hutama Karya), Balkondes Kenalan (Bank Mandiri), Balkondes Majaksingi Desa Singkober (Jasamarga), Balkondes “The Gade Village” Ngargogondo (Pegadaian).

Kemudian, Balkondes Ngadiharjo (PLN), Balkondes Sambeng (Patra Jasa), Balkondes Duta Menor Desa Tanjungsari (Bank BRI), Balkondes Tegalarum (Angkasa Pura II), Balkondes Tuksongo (Telkom), Balkondes Wanurejo (Bank BNI), dan Balkondes Wringinputih (Pertamina).

“Di Balkondes, wisatawan tidak hanya disuguhi semacam etalase ekonomi warga setempat tapi juga bisa menginap dengan suguhan kesenian dan kuliner khas tradisional,” kata Gumilang.

Kementerian BUMN menargetkan setidaknya akan ada 100 Balkondes di Indonesia di antaranya di Bali, Labuan Bajo, Danau Toba, dan Dataran Tinggi Dieng. (ida)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *