in

“BUMN Bersinergi” Bangun 1.300 Hunian Sementara di Lombok

"BUMN Bersinergi" telah berhasil membangun sekitar 1.300 hunian sementara (huntara) di sejumlah lokasi terdampak gempa bumi di Pulau Lombok.

Businesstoday.id, Lombok Timur – “BUMN Bersinergi” telah berhasil membangun sekitar 1.300 hunian sementara (huntara) di sejumlah lokasi terdampak gempa bumi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“BUMN Bersinergi” melalui Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Catur Budi Harto di Lombok Timur, Selasa (23/10/2018), menjelaskan, pembangunan dengan target 1.500 huntara ini telah tersebar di tiga kabupaten yang ada di Pulau Lombok.

“Pembangunannya itu ada di wilayah Sembalun, Pemenang, dan Kekait,” kata Catur Budi Harto.

Hal itu diungkapkannya kepada wartawan saat meninjau perkembangan pembangunan huntara bersama rombongan “BUMN Bersinergi” di Dusun Bawak Nao Daya, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Untuk Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, bangunan Huntara tersebar di enam desa, yakni Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Timba Gading, Desa Sembalun, Desa Sajang, Desa Sembalun Lawang, dan Desa Bilok Petung.

Target pembangunan huntara di enam desa yang ada di Kecamatan Sembalun, mencapai 700 unit dengan wilayah penyebaran ada di 18 lokasi terdampak gempa.

Namun dari target pembangunannya, bangunan yang memiliki desain khusus rumah ramah gempa (RRG) ini baru terealisasi sebanyak 633 unit.

“Khusus untuk di lokasi ini (Dusun Bawak Enao Daya), ada 137 huntara. Tapi yang paling banyak itu ada di Sembalun Bumbung, di sana 200 huntara, sisanya tersebar di beberapa tempat lain,” ujarnya.

Pembangunan huntara di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, PT BNI Tbk dikatakan sebagai koordinator pembangunannya.

Sinergi BUMN untuk huntara di Sembalun, dibangun PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk, PT Telkom Indonesia Tbk sedangkan untuk pekerjaan konstruksinya berkolaborasi dengan PT Wijaya Karya Tbk dan PT Waskita Karya Tbk.

“Dalam pembangunannya juga kita dibantu PLN untuk mengalirkan listriknya,” ucap Catur Budi Harto.

Selain di Sembalun, “BUMN Bersinergi” membangun huntara di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Di sana telah terbangun sebanyak 271 huntara dengan sinergi yang terbangun antara PT Bank Mandiri Tbk dan PT Hutama Karya Tbk.

Untuk Kabupaten Lombok Barat, juga telah terbangun di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari. Di lokasi terdampak gempa ini telah terbangun sebanyak 300 unit huntara dengan sinergi yang terbangun antara PT BRI Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (PTPP) Tbk.

Begitu juga dengan lokasi terdampak gempa di Kabupaten Lombok Utara, di Desa Terengan, Kecamatan Pemenang. Sinergitas BUMN antara PT Pertamina Tbk dan PT Adhi Karya Tbk, telah terbangun sebanyak 207 unit huntara. (dbp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *