in

BPS : Kunjungan Wisatawan Mancanegara Naik 16,57 Persen

Kepala BPS, Suhariyanto.

Businesstoday.id, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Juli 2018 mencapai 1,54 juta kunjungan atau naik 16,57 persen dibandingkan bulan sebelumnya yakni 1,32 juta kunjungan.

“Peningkatan jumlah kunjungan tersebut trennya sama seperti tahun lalu, yakni di negara-negara Amerika sudah masuk libur musim panas,” kata Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Senin (3/9/2018).

Jumlah ini, lanjut Suhariyanto, terdiri atas wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara sebanyak 1,06 juta kunjungan, pintu masuk laut sebanyak 252,37 ribu kunjungan, dan pintu masuk darat sebanyak 221,39 ribu kunjungan.

Adapun jumlah kunjungan wisman ke Indonesia yang datang melalui pintu masuk udara pada Juli 2018 mengalami kenaikan sebesar enam persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada bulan yang sama tahun sebelumnya.

“Kenaikan kunjungan wisman tersebut terjadi di sebagian pintu masuk udara dengan presentase tertinggi tercatat di Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara yang mencapai 62,01 persen,” ungkap Suhariyanto.

Kenaikan selanjutnya terjadi dari kedatangan di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh, yang mencapai 43,54 persen, dan diikuti Bandara Minangkabau, Sumatera Barat, yang mencapai 22,66 persen.

Sedangkan, kenaikan terendah terjadi di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, sebesar 5,03 persen.

Sementara itu, penurunan jumlah kunjungan wisman Juli 2018 terjadi di tujuh pintu masuk udara dengan presentase penurunan paling besar terjadi di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Riau, sebesar 31,78 persen.

Untuk penurunan paling kecil terjadi di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebesar 3,44 persen.

Secara kumulatif, jumlah kunjungan wisman periode Januari-Juli 2018 mencapai 9,06 juta kunjungan atau naik 12,92 persen dibanding jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya 8,03 juta kunjungan. (spg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *