in

BI-Pemprov Terus Perkuat Pengendalian Inflasi Melalu TPID

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut, Soekowardojo.

Businesstoday.id, Manado – Bank Indonesia (BI) bersama pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus memperkuat pengendalian inflasi di Kota Manado melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

“Kami akan terus berkoordinasi dengan TPID baik di provinsi maupun 15 kabupaten dan kota,” kata Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut Soekowardojo di Manado, Jumat (6/7/2018).

Dia mengatakan sejauh ini inflasi 2018 didukung oleh ketersediaan bahan pokok strategis yang memadai, serta upaya dan koordinasi Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia melalui wadah TPID untuk terus memperkuat pengendalian inflasi.

Mencermati inflasi sampai dengan paruh pertama 2018, katanya, TPID akan memantau secara ketat dan melakukan tindakan yang perlu untuk mengendalikan harga, terutama komoditas pada komponen volatile food dan administered price.

Soekowardojo mengatakan apalagi Juli 2018 merupakan bulan acara pengucapan yang akan dilaksanakan di daerah Minahasa dan Minahasa Selatan.

Dia menambahkan inflasi pada komponen “administered price” terutama terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak jenis pertamax dan pertalite yang telah ditetapkan pada 1 Juli 2018.

Ia menjelaskan sepanjang 2018. Bank Indonesia Provinsi Sulut memperkirakan inflasi akan berada pada rentang 3,5 persen. (nlt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *