in

BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo Meningkat

BI Provinsi Gorontalo optimistis pertumbuhan ekonomi Gorontalo akan meningkat pada tahun 2019.

Businesstoday.id, Gorontalo – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo optimistis pertumbuhan ekonomi Gorontalo akan meningkat pada tahun 2019.

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo, Ricky Gozali di Gorontalo, Senin (7/1/2019), mengatakan kondisi perekonomian Gorontalo untuk keseluruhan tahun 2018 diperkirakan tetap kuat dengan tingkat pertumbuhan pada kisaran 6,3 persen hingga 6,8 persen (yoy).

“Angka itu lebih tinggi dibandingkan perkiraan pertumbuhan nasional yang berada pada tingkat 5,1 persen, dengan tingkat inflasi yang terjaga di bawah sasaran inflasi nasional yaitu 2,15 persen (yoy),” ujarnya pada evaluasi kinerja ekonomi tahun 2018 serta prospek ekonomi.

Ia menjelaskan kinerja positif ekonomi Gorontalo didukung oleh kondisi kesejahteraan masyarakat yang mulai mengalami perbaikan. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Gorontalo tercatat 4 persen sementara tingkat kemiskinan berada pada level 16,81 persen. Capaian ini lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kinerja fiskal Pemerintah Daerah Gorontalo juga mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya sehingga mendukung pengembangan ekonomi Gorontalo di tahun 2018,” ucap Ricky.

Di sisi stabilitas sistem keuangan, kinerja positif tercermin dari tren penyaluran kredit yang terus mengalami peningkatan disertai dengan tingkat risiko kredit yang menurun di tahun 2018.

Sejalan dengan itu, transaksi sistem pembayaran Gorontalo baik tunai maupun nontunai juga mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada evaluasi kinerja ekonomi tahun 2018 serta prospek ekonomi baik di tingkat nasional dan regional, serta arah kebijakan Bank Indonesia tahun 2019 tersebut mengangkat tema “Sinergi untuk Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo”. (adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *