in

Jangan Dianggap Angin Lalu, Berita Hoax Harus Segera Diklarifikasi

Businesstoday.id, Bojonegoro – Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) DKI Jakarta Budi Purnomo Karjodihardjo mengatakan bahwa berita hoax harus segera diklarifikasi, jangan dianggap angin lalu atau dibiarkan begitu saja.

“Buat press release yang baik, sebarkan ke media massa”

“Jika perlu jumlah berita klarifikasi kita jauh lebih banyak daripada berita hoax,” kata Budi saat memberikan workshop mengenai media siber yang diselenggarakan oleh PWI Jatim dan SMSI Jatim di Gedung Maharani, Bojonegoro, Selasa (5/11/2017).

Baca : Ini yang Harus Anda Lakukan Jika Diserang Hoax

Budi yang berpengalaman mengelola Tim Media Center sejumlah Pilkada itu menambahkan, tim humas sebaiknya punya prinsip, bahwa berita yang salah harus diluruskan dan harus diklarifikasikan.

BACA JUGA : Berita dan informasi lainnya, seputar dunia bisnis digital, di sini.

“Berita yang salah akan menjadi referensi yang salah secara berulang. Bahkan, jika ditulis terus-menerus, disebarkan terus-menerus, diviralkan lagi terus-menerus, akibatnya akan sangat sangat fatal,” katanya.

Karena itu, duplikasi klarifikasi atas berita hoax juga sangat penting. Setelah Press Release dan berita klarifikasi diterbitkan di media digital terkemuka, hasilnya jangan dibiarkan begitu saja.

“Sebarluaskan semua kliping publikasi itu di berbagai media sosial, dalam kuantitas yang sebanyak-banyaknya,” kata Budi pernah menjadi koordinator media center tokoh-tokoh nasional, seperti Jokowi, Prabowo, Dahlan Iskan, dan Sandi Uno.

Sementara itu Ketua PWI Jawa Timur Achmad Munir mengatakan, jika perusahaan atau diserang hoax, pihak yang bersangkutan tidak perlu panik.

“Hadapi dengan tenang, buat press release yang baik, sebarkan ke media massa ataupun melakukan press conferece,” kata Munir.

Hal yang sama disampaikan Ketua SMSI Jatim Eko Pamuji. Malah Eko menambahkan bahwa jajaran media siber di Jawa Timur siap membantu perusahaan maupun perorangan yang mengalami serangan hoax yang tidak bertanggungjawab. (ndi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *