in

Barata dan Perusahaan Spanyol Kembangkan Pembangkit Listrik

PT Barata Indonesia (Persero) menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan multinasional asal Spanyol, Duro Felguera, tentang pengembangan proyek bidang pembangkit listrik.

Businesstoday.id, Jakarta – PT Barata Indonesia (Persero) menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan multinasional asal Spanyol, Duro Felguera, tentang pengembangan proyek bidang pembangkit listrik.

Kedua perusahaan tersebut sepakat untuk berkerja sama alam pengembangan proyek Turnkey Engineering Procurement Construction (EPC) di bidang pembangkit listrik, khususnya untuk bulk handling dan penyimpanan hidrokarbon.

Direktur Utama Barata Indonesia, Silmy Karim, melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (3/7/2018), mengatakan kerja sama ini sangat baik untuk mempercepat proses peningkatan kemampuan lokal dan transfer teknologi.

“Hal ini sudah menjadi target pemerintah untuk meningkatkan kemampuan industri nasional BUMN seperti PT Barata Indonesia yang memiliki peran strategis untuk menjadi yang terdepan dalam penguasaan teknologi,” kata Silmy.

Ada pun Barata Indonesia merupakan BUMN di Indonesia yang bergerak di bidang manufaktur, EPC dan peralatan berat. Barata Indonesia memiliki kapabilitas dan keunggulan sebagai perusahan manufaktur di berbagai macam sektor industri.

Mengingat tingginya permintaan di Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir untuk proyek-proyek turnkey yang berkaitan dengan pembangkit listrik, Barata telah membangun sebuah departemen khusus, yang tujuannya adalah untuk memperkuat kehadirannya di bidang pembangkit listrik .

Kerja sama Barata Indonesia dengan Duro Felguera juga merupakan salah satu cara untuk memperkuat posisi Barata Indonesia di bidang pembangkit listrik.

Melalui MOU ini, Duro Felguera dan Barata bermaksud untuk menambah nilai masing-masing perusahaaan, terutama untuk meningkatkan konten lokal di proyek-proyek Barata Indonesia serta bentuk nyata untuk memperkuat sinergi antara kedua perusahaan.

Sebagai langkah pertama dalam sinergi tersebut, perusahaan telah menyusun daftar klien dan proyek potensial serta menunjuk tim kerja gabungan untuk mengurus proyek- proyek tersebut. Daftar ini mencakup peluang jangka pendek, menengah dan panjang serta menambahkan produk baru ke dalam backlog Barata Indonesia.

Bagi Duro Felguera, pasar Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah yang ditargetkan dalam rencana strategisnya.

Berkat penandatanganan perjanjian ini, Duro Felguera telah mendapatkan mitra regional untuk memperkuat penetrasi ke pasar Asia.

Sementara bagi Barata Indonesia sendiri, kerja sama dengan Duro Felguera membuat posisi perusahaan semakin kuat karena telah mendapatkan mitra strategis dengan pengalaman hebat dalam kontrak turnkey. (dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *