in

ASEAN dan Tiga Mitra Sepakat Tingkatkan Kebudayaan

Pertemuan tingkat Menteri ASEAN untuk urusan kebudayaan dan kesenian (AMCA) ke-8 diadakan di Yogyakarta, Rabu (24/10/2018).

Businesstoday.id, Yogyakarta – Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan tiga mitra dialognya yakni China, Jepang dan Korea Selatan meningkatkan kerja sama kebudayaan.

“Para menteri (ASEAN untuk urusan kebudayaan dan seni) sepakat bahwa kerja sama dalam bidang kebudayaan akan difokuskan pada pertukaran budaya, industri budaya kreatif, pengelolaan warisan budaya, dan pembangunan sumber daya manusia,” demikian pernyataan pers bersama pada Pertemuan Menteri bidang Kebudayaan dan Seni ASEAN ke-8 yang diterima Antara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Yogyakarta, Rabu (24/10/2018).

Para menteri ASEAN mendorong kelanjutan pembangunan dalam hubungan antarkota antara kota-kota Kebudayaan ASEAN dengan kota-kota Budaya Asia Timur.

Para menteri ASEAN mengapresiasi upaya China dalam menggunakan kebudayaan untuk membangun persahabatan ASEAN dan China, serta inisiatif China untuk mendorong pertukaran kebudayaan yang didukung oleh Dana Kerja Sama ASEAN-China dan melalui Forum Budaya China-ASEAN yang diadakan setiap tahun.

Mereka mengadopsi Rencana Kerja ASEAN-China tentang Kerja Sama Bidang Kebudayaan 2019-2021.

Para menteri ASEAN menyambut inisiatif Jepang dalam bidang budaya pop, pengelolaan warisan budaya, perlindungan hak kekayaan intelektual, pendidikan Bahasa Jepang, dan berbagai program pertukaran budaya.

Mereka mengapresiasi dukungan finansial dari Jepang untuk melaksanakan proyek-proyek kerjasama malalui Dana Integrasi Jepang-ASEAN (Japan-ASEAN Integration Fund). Para menteri juga mengadopsi Rencana Kerja ASEAN-Jepang tentang Kerja Sama Bidang Kebudayaan 2019-2021.

Para menteri ASEAN menyambut pembukaan Rumah Budaya ASEAN (ASEAN Culture House) di Busan, Korea Selatan, dan menghargai kontribusinya bagi hubungan antarmasyarakat.

Mereka mengapresiasi dukungan Korea dalam proyek-proyek kebudayaan melalui Dana Kerja Sama ASEAN-Korea (ASEAN Korea Cooperation Fund).

Para menteri juga mengadopsi Rencana Kerja ASEAN-Republik Korea tentang Kerja Sama Bidang Kebudayaan 2019-2021. Para menteri ASEAN menyetujui proposal Republik Korea untuk menjadi tuan rumah Pertemuan AMCA Plus Republik Korea pada 2019 dalam rangka memperingati 30 tahun pembentukan hubungan dialog antara Republik Korea dan ASEAN.

Para menteri ASEAN Plus Three mengadopsi Rencana Kerja ASEAN Plus Three tentang Kerja Sama Bidang Kebudayaan 2019-2021 yang memberikan garis besar inisiatif-inisiatif dalam bidang kebudayaan yang dapat dilakukan bersama oleh ASEAN dan negara-negara Plus Three.

Para menteri mengapresiasi dukungan finansial dari negara-negara Plus Three, yang diberikan melalui Dana Kerja Sama ASEAN Plus Three (ASEAN Plus Three Cooperation Fund), untuk digunakan dalam implementasi proyek-proyek kerja sama yang terdapat dalam rencana kerja.

Para menteri ASEAN untuk Kebudayaan dan Seni sepakat untuk mengadakan AMCA ke-9 dan Pertemuan Terkait dengan Mitra Dialog di Kamboja pada 2020.

Para menteri menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas sambutan dan pelayanan yang diberikan kepada seluruh delegasi dan penyelenggaraan AMCA ke-8, Pertemuan Pejabat Senior bidang kebudayaan dan Seni ASEAN (SOMCA) ke-14 dan pertemuan-pertemuan terkait yang baik. (mhs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *