in

Airlangga Kagumi #SmartEmbassy KBRI Singapura

Airlangga Hartarto (kanan) dan Ngurah Swajaya (kedua dari kanan)

BUSINESSTODAY, SINGAPURA: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengapresiasi terobosan applikasi #SmartEmbassy KBRI Singapura yang difokuskan untuk perlindungan, pelayanan warga dan diplomasi ekonomi.

Dashboard terintegrasi yang juga diapresiasi Presiden Joko Widodo pada Raker Kepala Perwakilan RI di Gedung Pancasila, Februari lalu, mengintegrasikan database perwakilan untuk bidang pelayan dan perlindungan WNI, diplomasi ekonomi. Saat ini juga dikembangkan untuk perluasan penggunaannya untuk meningkatkan kinerja perwakilan dengan memanfaatkan teknologi.

Untuk diplomasi ekonomi, khususnya peningkatan ekspor produk nonmigas Indonesia, KBRI Singapura membuka “Indonesia Showcase” sejak Desember tahun 2016. Ia dengan menampilkan contoh produk ekspor andalan Indonesia di Gedung KBRI Singapura yang selalu diperbaharui dan dimasukkan ke katalog digital sehingga mempermudah akses bagi buyer ataupun importir Singapura yang berminat.

INDUSTRI STRATEGIS

Duta Besar RI untuk Singapura Ngurah Swajaya menjelaskan data base katalog ini sudah memiliki 3.800 perusahaan yg memproduksi ribuan jenis produk ekspor unggulan, mulai dari kerajinan, teh dan kopi, hingga produk teknologi tinggi, termasuk produk industri strategis.

Database katalog ini juga dapat dipergunakan seluruh perwakilan RI sebagai garda depan promosi ekspor Indonesia. Dalam pengembangannya, #SmartEmbassy juga akan mencakup promosi pariwisata dan investasi dengan mengkombinasikan database, kemudahan memperoleh informasi, dan mudah dimanfaatkan untuk perdagangan, pariwisata dan investasi.

Saat ini dikembangkan showcase virtual atau marketplace yang dilengkapi fitur e-commerce oleh starts up Indonesia sebagai providernua, sebagai salah satu pengembangan #SmartEmbassy.

Ngurah menjelaskan kepada Menteri Hartarto bahwa “Indonesia Showcase” dan “Smart Embassy” merupakan sinergi untuk percepatan pengembanga Industry 4.0 bagi Indonesia yang lebih modern, maju dan menjadikan teknologi digital sebagai “enabler” pemanfaatan potensi ekonomi digital.

Airlangga menggapresiasi terobosan KBRI Singapura khususnya untuk promosi produk ekspor yang memiliki added value yang ditampilkan mencakup 5 produk-produk unggulan dalam industry Industry 4.0.

INFORMASI KOMPREHENSIF

Smart Embassy juga memberikan kemudahan akses informasi kepada para pengunjung berupa Digital Brochures menggunakan interactive monitor touch screen untuk memberikan informasi yang komprehensif. Pengunjung yang mencari produk unggulan Indonesia dimungkinan untuk melakukan pemesanan secara langsung kepada produsen/supplier Indonesia yang dipilih melalui sarana E-Commerce.

Untuk di-showcase juga disediakan tiga buah tablet terkoneksi internet untuk memudahkan pengunjung mencari informasi yang diperlukan.

Airlangga berharap terobosan penting seperti ini dapat diterapkan di seluruh Perwakilan RI sehingga cita-cita pemerintah untuk membangun Indonesia Incorporated dan pengembangan Industry 4.0 dapat segera terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *