Dorong UMKM Binaan, BRI Bangun Indonesia Mall di Ajang TEI 2019

0
51
Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno saat memgunjungi booth Indonesia Mall yang dibangun BRI pada ajang Trade Expo Indonesia 2019 di Tangerang, Banten, Rabu (16/10/2019).

Businesstoday.id, Tangerang – Bank BRI dalam upaya mendorong dan memfasilitasi binaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tampil di ajang perdagangan terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 menyediakan stan yang dinamai Indonesia Mall agar dapat lebih membuka akses pasar ke berbagai pelosok.

Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (17/10/2019), UMKM terbaik yang dipilih yakni The Kilisuci Batik Craft, Fianoel Craft Decoupage Dan Kembang Tjelup Batik.

Indonesia Mall merupakan sebuah produk dari bank BRI yang terdiri dari berbagai macam UMKM Indonesia dan memulai aktifitasnya pada bulan Oktober tahun 2018.

Indonesia Mall dibangun melalui kerja sama BRI dengan e-commerce untuk mendorong UMKM go-online yang berhasil membuka pasar UMKM binaan dari yang tadinya hanya terbatas di wilayahnya menjadi lebih luas ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke pelosok.

Produk-produk unggulan dari UMKM mitra binaan BRI dapat langsung dibeli di e-commerce rekanan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blanja.com dan Blibli.com.

Di sela acara pembukaan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyempatkan diri untuk berkeliling ke beberapa lokasi stan yang dimiliki perusahaan BUMN.

Ia juga mengunjungi hall khusus yang ditempati para peserta dari kelompok UMKM binaan perusahaan milik negara. Dalam kunjungannya tersebut Menteri Rini ditemani para petinggi perusahaan BUMN, termasuk Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto.

Menteri Rini sempat berbincang dengan para peserta pameran dan mencoba secara langsung berbagai produk yang dipamerkan oleh UMKM binaan perusahaan plat merah tersebut.

Tema “Moving Forward to Serve The World” yang diangkat Trade Expo Indonesia ke-34 sejalan dengan langkah strategis yang tengah dilakukan Indonesia Mall.

Program pengembangan UMKM yang digagas BRI ini telah memasuki fase lanjutan. Setelah berhasil menyediakan akses produk UMKM binaan ke seluruh pelosok Nusantara melalui e-commerce Indonesia, BRI menggaet perusahaan e-commerce tingkat regional, Qoo10 (perusahaan asal Singapura) untuk memasarkan karya UMKM Indonesia ke pasar mancanegara.

Pada perhelatan TEI ke-34 ini akan dihadiri lebih dari 1.200 exhibitor yang akan memamerkan produk buatannya di pameran internasional yang digelar di 16—20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City dengan target transaksi dan investasi meningkat 15 persen dari capaian tahun sebelumnya yakni sebesar 8,4 miliar dolar AS.

Selain pameran dagang, TEI 2019 juga menggelar berbagai kegiatan pendukung seperti Trade, Tourism, and Investment (TTI) Forum, pertemuan bisnis, klinik bisnis, diskusi regional misi dagang mancanegara dan lokal, kompetisi usaha perintis berorientasi ekspor dan gelar wicara. (spg)



Redaksi Businesstoday.id (Business Today Media) menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksibusinesstoday@gmail.com, dan redaksi@businesstoday.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here