Harga Cabai di Batang Tembus Rp60.000/ Kilogram

0
15
Harga cabai di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sekitar sepekan terakhir ini menembus Rp60.000 per kilogram.

Businesstoday.id, Batang – Harga cabai di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sekitar sepekan terakhir ini menembus Rp60.000 per kilogram atau naik 100 persen dibanding sebelumnya mencapai Rp30.000/ kilogram.

Sejumlah pedagang sayur di pasar tradisional Kabupaten Batang di Batang, Kamis (11/7/2019), mengatakan para pedagang belum mengetahui persis terhadap kenaikan harga cabai di pasaran menjelang hari raya Iduladha 1440 Hijriah.

“Menurut informasi, kenaikan harga cabai karena para petani banyak yang gagal panen sehingga pasokan bumbu rasa pedas ini terus merangkak naik hingga Rp60 ribu/ kilogram,” kata pedagang bumbu Sibna.

Menurut dia, harga cabai merah yang semula hanya sekitar Rp28 ribu/ kilogram kini naik mencapai Rp55 ribu/ kilogram sedang cabai jenis keriting semula Rp30 ribu/ kilogram naik menjadi Rp60 ribu/ kilogram.

“Kenaikan harga cabai tersebut sudah terjadi sejak awal bulan ini karena pasokannya terus menipis. Saat ini, cabai merah saya jual Rp60 ribu/ kilogram,” kata pedagang bumbu Rini.

Para pedagang bumbu berharap kenaikan harga cabai bisa stabil lagi karena hal tersebut berpengaruh terhadap keuntungan yang didapat oleh mereka dan bisa saja menimbulkan gejolak pada masyarakat.

“Kami berharap pemerintah bisa segera mengantisipasi terhadap kenaikan harga cabai itu agar tidak menimbulkan gejolak masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Batang Migayani Thamrin mengatakan kenaikan harga cabai bukan disebabkan para petani cabai gagal panen namun karena jumlah petani yang menenam cabai tidak sebanyak pada tahun sebelumnya.

“Mahalnya harga cabai bukan karena petani gagal panen namun penanam cabai yang lebih sedikit. Harganya juga sudah murah di awal tahun sehingga mungkin di pertengahan tahun 2019 harganya melonjak,” katanya. (*)



Redaksi Businesstoday.id (Business Today Media) menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksibusinesstoday@gmail.com, dan redaksi@businesstoday.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here