Facebook Berinvestasi dalam Energi Terbarukan

0
40
Facebook sedang membangun pertanian surya besar-besaran di Texas Barat yang diyakini sebagai salah satu proyek surya terbesar di negara.

Businesstoday.id, Jakarta – Facebook sedang membangun pertanian surya besar-besaran di Texas Barat yang diyakini sebagai salah satu proyek surya terbesar di negara ini dan investasi langsung raksasa media sosial pertama dalam energi terbarukan.

Pengembang energi terbarukan yang berbasis di Boston, Longroad Energy baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka bermitra dengan Facebook pada proyek senilai 416 juta dolar AS, seperti halnya Facebook sedang menyelesaikan pembangunan pusat data di dekat Albuquerque.

Melansir abcnews, proyek Solar Prospero di utara Odessa, Texas, akan memiliki kapasitas 379 megawatt, yang cukup untuk memberi daya sekitar 72.000 rumah berdasarkan rata-rata nasional, kata Asosiasi Industri Energi Surya.

Proyek ini melampaui tujuan Facebook untuk menggunakan energi terbarukan demi memberi daya pada pusat datanya, tempat raksasa media sosial itu menyimpan foto, video, dan informasi lain yang diposkan orang di platform.

Prospero Solar diperkirakan akan selesai tahun depan dan akan memakan waktu sekitar 7 mil persegi (18 kilometer persegi) – lebih dari lima kali ukuran Central Park di New York City.

Facebook yang berbasis di Menlo Park, California akan menjadi investor ekuitas pajak tunggal, kata Longroad. Ben Inskeep, seorang analis riset untuk EQ Research, sebuah perusahaan konsultan energi terbarukan yang berbasis di North Carolina, mengatakan masuk akal bagi Facebook untuk berinvestasi dalam tenaga surya karena energi terbarukan menjadi lebih terjangkau dan pusat datanya memiliki biaya operasi yang besar.

“Texas Barat memiliki beberapa sumber daya matahari terbaik di negara ini,” kata Inskeep.

CEO Mark Zuckerberg mengumumkan pada bulan April bahwa Facebook sedang membangun enam proyek surya baru untuk mendukung pusat datanya. Mereka menampung puluhan ribu server komputer yang terhubung ke dunia luar melalui kabel serat optik.

“Pusat data kami sudah menjadi yang paling hemat energi di dunia, dan tahun lalu kami menetapkan tujuan bagi semua pusat data dan kantor kami untuk menggunakan 100% energi terbarukan pada tahun 2020,” tulis Zuckerberg di halaman Facebook pribadinya. (*)



Redaksi Businesstoday.id (Business Today Media) menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksibusinesstoday@gmail.com, dan redaksi@businesstoday.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here