LAPK : PLN Sumut Kembali Berulah Lakukan Pemadaman Listrik

0
13
Sekretaris Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Sumatera Utara, Padian Adi S. Siregar.

Businesstoday.id, Medan – PLN Sumatera Utara kembali berulah melakukan pemadaman listrik di sebagian wilayah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

“PLN melakukan pemadaman di saat masyarakat sedang melaksanakanan ibadah sahur,” kata Sekretaris Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Sumatera Utara, Padian Adi S Siregar,di Medan, Kamis (9/5/2019).

Pemadaman listrik tersebut, menurut dia, dilakukan secara tiba-tiba dan tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya kepada pelanggan maupun masyarakat.

“Selain itu, PLN melakukan pemadaman listrik bertepatan di saat kaum muslim melaksanakan sahur, sehigga tidak sedikit pelanggan yang menyampaikan umpatan dan protes di media sosial,” ujar Padian.

Ia menyebutkan, kemarahan masyarakat selama ini hanya dianggap remeh oleh pihak PLN Sumut. Selain itu, hanya ucapan mohon maaf yang disampaikan PLN Sumut. “Respon yang diberikan PLN Sumut sangat jauh dari harapan masyarakat,” ucap dia.

Padian mengatakan, bahkan sengaja memancing kemarahan masyarakat dengan melakukan pemadaman pada saat kaum muslim melaksanakan ibadah.

“PLN Sumut harus mengakui kesalahannya yang dianggap gagal memberikan pelayanan bagi pelanggan pada bulan Ramadhan,” katanya.

Sebelumnya, PLN melakukan pemulihan cepat kerusakan yang terjadi pada beberapa Pembangkit Listrik sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara. Setelah diselidiki, kerusakan terjadi pada Current Transformer (CT), peralatan yang mengubah besaran arus dari besar ke kecil ataupun sebaliknya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, dengan arus 150kV.

Manajer Komunikasi PLN UIW Sumatera Utara Rudi Artono, Kamis, mengatakan, beberapa Pembangkit seperti PLTU Nagan Raya 1 dan 2, PLTU Pangkalan Susu 2, PLTGU Belawan, ST 2.0, PLTG Marine Vessel Power Plant dan Belawan, serta PLTD AKE mengalami trip atau padam terpaksa dan harus dilakukan recovery dengan waktu yang cukup lama. “Sedang dilakukan pemulihan bertahap, mohon maaf jika waktu sahur menjadi terganggu.” Ujar Rudi.

Rudi juga mengatakan bahwa sudah dilakukan pemulihan pada Pukul 03:26 WIB pada Pembangkit Listrik Island Inalum yang sudah Sinkron dengan Subsistem SBU, serta pada Pukul 03:44 WIB Semua Gardu Induk di Aceh sudah dapat beroperasi kembali.

PLN berupaya cepat dalam memulihkan sistem kelistrikan di Sumbagut dan PLN meminta maaf atas ketidaknyamanannya dalam penggunaaan listrik di waktu subuh ini. (mun)



Redaksi Businesstoday.id (Business Today Media) menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksibusinesstoday@gmail.com, dan redaksi@businesstoday.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here