“Expocentre” Pintu Masuk Produk Indonesia ke Pasar Rusia-Eropa Timur

0
93
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani.

Businesstoday.id, Jakarta – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan perusahaan penyelenggara pameran, “Expocentre”, dapat menjadi pintu masuk produk Indonesia ke pasar Rusia dan Eropa Timur.

“Berdasarkan informasi dari Kadin Rusia bahwa Expocentre adalah salah satu perusahaan pameran terbesar di Rusia. Perusahaan ini menyelenggarakan lebih dari 100 pameran setiap tahunnya,” kata Rosan P Roeslani dalam Dialog Bisnis Rusia dan Indonesia di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Melalui berbagai pameran dagang, lanjut dia, para pengusaha Indonesia dapat memasarkan produk-produk mereka di pasar Rusia maupun Eropa Timur.

“Dengan begitu, volume perdagangan antara Indonesia dan Rusia dapat meningkat,” kata Rosan.

Berdasarkan data, nilai perdagangan bilateral kedua negara pada tahun 2017 tercatat meningkat 14,34 persen atau senilai 2,5 miliar dolar AS.

Presiden Joko Widodo dalam pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela pertemuan ASEAN tahun lalu menginginkan agar target perdagangan 5 miliar dolar AS kedua negara dapat tercapai pada tahun 2020 mendatang.

“Untuk mencapai target perdagangan 5 miliar dolar AS, Kadin siap memfasilitasi pengusaha Indonesia untuk mengikuti pameran dagang di Indonesia,” kata Rosan.

Ia mengatakan perkembangan perdagangan antara Rusia dan Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat progresif.

Dalam rangka memperkuat hal tersebut, kamar dagang dan industri kedua negara, Rusia dan Indonesia, sepakat untuk lebih memperkuat hubungan.

Kadin Indonesia, lanjut Rosan, memfasilitasi pertemuan antara delegasi Expocentre dengan para pelaku ekonomi Indonesia lewat penyelenggaraan Dialog Bisnis Rusia- Indonesia di The Ritz-Carlton Jakarta.

Pertemuan tersebut diharapkan dapat menjadi tempat saling memperkenalkan berbagai potensi investasi dan perdagangan kepada para pelaku bisnis di kedua negara.

Rombongan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rusia terdiri dari beberapa Ketua Kamar Dagang Regional dari Rusia seperti dari Kuzbass, Primorsk serta Lipetsk maupun sejumlah pengusaha Rusia dari berbagai industri. (zis)



Redaksi Businesstoday.id (Business Today Media) menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksibusinesstoday@gmail.com, dan redaksi@businesstoday.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here