Kemenhub : Masih Dibutuhkan Negosiasi soal FIR Singapura

0
163
Masih dibutuhkan negosiasi terkait pengambilalihan Flight Information Region (FIR) yang saat ini masih dioperasikan Singapura.

Businesstoday.id, Padang – Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan Asri Santosa mengatakan masih dibutuhkan negosiasi terkait pengambilalihan Flight Information Region (FIR) yang saat ini masih dioperasikan Singapura.

“Kita perlu negosiasi dengan Singapura nanti kita juga libatkan Kemenlu,” kata Asri di Padang, Senin (11/2/2019).

Asri menuturkan dari sisi infrastruktur navigasi sudah siap untuk pengoperasian FIR Singapura tersebut atau yang sering disebut sektor ABC.

“Dari segi peralatan sudah bagus, kita bicarakan lagi nanti dengan komite apabila ada pembenahan-pembenahan,” katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti sebelumnya mengatakan upaya ini bukan hanya di Kemenhub saja, melainkan juga melibatkan banyak sektor, termasuk sektor pertahanan.

“Kita tidak bekerja sendiri dalam hal ini lebih berdiplomasi antara Kemenhan dikoordinir Kemenko Maritim untuk mengupayakan 2019 ada diselenggarakan reallignment oleh Indonesia,” katanya.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan regulasi terkait rencana pengelolaan FIR atau sektor ABC di ruang udara Kepulauan Natuna yang saat ini masih dikelola Singapura.

Sebelumnya, pengamat penerbangan Chappy Hakim mendesak pemerintah harus segera menyelesaikan permasalahan FIR yang dikuasai Singapura, yang saat ini masih mengatur penerbangan di wilayah Indonesia, yaitu sektor ABC ruang udara wilayah Kepulauan Natuna.

“Instruksi Presiden RI sudah jelas, untuk segera selesaikan masalah FIR,” katanya. (jtr)



Redaksi Businesstoday.id (Business Today Media) menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksibusinesstoday@gmail.com, dan redaksi@businesstoday.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here