Realisasi PAD Barito Utara 33,38 Persen

0
111
Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Utara, Aswadin Noor.

Businesstoday.id, Muara Teweh – Realisasi pendapatan asli daerah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, periode Januari-Juni 2018 mencapai Rp31,7 miliar atau 33,38 persen dari target Rp95,2 miliar.

“Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) itu berasal dari empat sumber pendapatan,” kata Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Utara Aswadin Noor di Muara Teweh, Kamis (5/7/2018).

Ia mengatakan bahwa sumber PAD tersebut berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah.

Hingga triwulan kedua ini, pajak daerah terealisasi Rp4,4 miliar atau 22,40 persen dari target Rp19,3 miliar, retribusi daerah Rp4,2 miliar (45,73 persen) dari Rp9,3 miliar, dan pendapatan lain-lain PAD yang sah Rp14,4 miliar atau 25,87 persen dari target Rp55,9 miliar.

“Untuk sektor hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dengan realisasi sudah diatas 50 persen yakni Rp8,6 miliar atau 81,34 persen dari target Rp10,6 miliar,” katanya.

Aswadin Noor menjelaskan masih rendahnya penerimaan PAD ini karena penerimaan dari sektor sarang burung walet masih belum maksimal.

Selain itu belum tersedia data dasar wajib pajak daerah dan retribusi daerah sebagai pedoman dalam penyusunan potensi pajak daerah dan retribusi daerah yang diperlukan dalam penentuan target pendapatan daerah.

“Di samping itu tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi daerah masih rendah,” jelas dia.

Dia mengatakan, pihaknya kini berupaya memaksimalkan PAD karena target yang diberikan naik cukup tajam yakni target tahun 2018 sebesar Rp95,2 miliar meningkat dibanding tahun 2017 setelah perubahan hanya Rp79,4 miliar.

“Kami tetap berupaya melakukan proaktif untuk menggali potensi pendapatan daerah,” katanya. Budi Suyanto. (kas)



Redaksi Businesstoday.id (Business Today Media) menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksibusinesstoday@gmail.com, dan redaksi@businesstoday.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here