Menguak Sejarah Hari Lahir Jakarta

0
193
Sem Haesy

BUSINESSTODAY, Jakarta – Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-491 yang jatuh pada 22 Juni masih sangat menarik untuk ditelisik sejarahnya. Apa latar belakang penentuan tanggal tersebut?

Untuk mengupas lebih dalam tentang HUT Jakarta, Manajemen Ancol Taman Impian mengandeng Betawi Kita menggelar acara diskusi bertajuk Orang Betawi dan HUT Jakarta, 22 Juni 2018 di Panggung Utama, Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara.

Hadir sebagai pembicara dalam gelaran ini, sejarawan JJ Rizal dan Budayawan Sem Haesy.

Mengenai HUT Jakarta, Rizal menuturkan, “Walaupun tanggal dan bulan ulang tahun yang ditetapkan oleh Sudiro (Gubernur DKI Jakarta 1953–1960) masih bisa diperdebatkan, namun sebagai pemimpin Jakarta, Sudiro telah menetapkan hari ulang tahun Jakarta, yang jauh dari penyakit Hollands denken.

Dengan demikian Sudiro, punya legitimasi historis mendesak Sukarno segera meresmikan Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu konten yang dibicarakan dalam diskusi tersebut.

Tidak hanya itu, rangkaian diskusi tentang toponimi Kampung Betawi yang akan diisi oleh pegiat dan komunitas Betawi ini juga digelar mulai 23 Juni sampai 11 Agustus 2018.

Dalam kegiatan ini Betawi Kita menjadi salah satu pendukung acara Wall Of Frame Betawi (15 Juni – 17 Agustus 2018), menampilkan pameran Asal-Usul Kampung Betawi di Galeri North Art Space (NAS) Pasar Seni Ancol. Jegiatan ini juga didukung Yayasan Sikumbang Tenabang, Lembaga Kebudayaan Betawi, komunitas Baca Betawi, Pustaka Betawi, www.orangbetawi.com, dan Betawi Channel.

Uniknya, pameran Wall Of Frame yang dimotori oleh Roni Adi Tenabang (Ketua Betawi Kita) dan ketua tim penulis oleh Candrian Attahiyyat, menggunakan peta lampau sebagai salah satu landasan penulisan toponimi nama kampung. Jadi bagi yang mau liburan ke Ancol, pengunjung bisa belajar tentang asal usul nama tempat di Jakarta.

Selain itu di lokasi pameran Wall Of Frame Betawi juga ada spot foto yang instagramable dengan konsep rumah betawi yang unik dan dilengkapi dengan busana khas betawi, cocok diabadikan bersama keluarga dan sahabat.

Acara lainnya, akan digelar Hari Puisi Indonesia yang dilaksanakan oleh komunitas literasi penulis Betawi (Baca Betawi), 12 Agustus 2018 di Pasar Seni Ancol, ditutup dengan acara diskusi sejarah pada 17 Agustus 2018.

Betawi Kita adalah wadah komunitas tukar pikiran yang bersifat terbuka dan dimaksudkan untuk mendorong gerakan “maen pikiran” di kalangan kaum Betawi. Komunitas ini diharapkan akan menjadi ajang tukar pikiran yang membahas persoalan apapun mengenai kaum Betawi, baik soal Betawi di tengah Jakarta, Betawi di tengah Indonesia, bahkan Betawi di tengah dunia. Bentuknya adalah kongko atau diskusi rutin setiap bulan.



Redaksi Businesstoday.id (Business Today Media) menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksibusinesstoday@gmail.com, dan redaksi@businesstoday.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here